fbpx
Skip to content

Mengenal Batu Andesit: Ciri dan Fungsinya Sebagai Material Bahan Bangunan

Bangunan modern masa kini banyak yang menggunakan batu andesit agar tampilan rumah menjadi lebih mewah. Kombinasi antara desain yang cantik dengan fokus utama penggunaan andesit jelas membuat rumah Anda tak sekedar mewah tapi juga elegan. Pada saat digunakan di bagian interior, batuan alam ini juga memberikan kesan abadi dan elegan pada ruangan.
Batu Andesit termasuk batuan vulkanik yang mirip dengan basal, hanya saja warnanya lebih terang dan mengandung lebih sedikit zat besi dan magnesium dibandingkan basal.
Selain itu, Andesit juga punya kandungan kristal besar yang mencolok. Jenis batuan ini ternyata merupakan batuan induk bagi andesit, batu permata yang berharga. Material ini juga mudah ditemukan karena mayoritas kerak benua bumi terdiri dari batuan andesit. Penasaran tentang batu alam andesit? Yuk, simak berikut ini penjelasanya!
Mengenal Batu Andesit
Andesit merupakan batuan beku berbutir halus yang biasanya memiliki warna abu-abu terang hingga gelap. Seperti dilansir Geology, batu ini memiliki komposisi mineral antara granit dan basal.
Diketahui, asal muasal nama batuan beku ini berasal dari pegunungan Andes di Amerika Selatan. Jadi memang batuan ini biasanya ditemukan di gunung berapi. Itu karena batuan ini terbentuk ketika jenis magma tertentu mengalir ke permukaan sebagai lava dan mendingin
Meski demikian, kini cukup sulit untuk mengklasifikasikannya, karena banyak batuan berbutir halus yang bentuknya mirip seperti andesit. Jadi kalau ada batuan yang tampak seperti andesit, tetapi tidak begitu mirip dengan ciri yang disebutkan di atas, maka biasanya disebut batuan ‘andesitoid’.
Asal Batuan Alam Andesit
Seperti yang sudah sedikit dijelaskan sebelumnya, nama andesit berasal dari lokasi batuan ini banyak ditemukan yakni Pegunungan Andes di Amerika Selatan. Batuan andesit tercipta karena lava mendingin dengan cepat di permukaan, umumnya lava terdiri dari kristal kecil. Sehingga bisa disimpulkan andesit adalah batuan berbutir halus yang terbentuk saat magma meletus ke permukaan dan mengkristal dengan cepat.
Meski berasal dari nama pegunungan yang jauh, tapi andesit juga tersebar ke pegunungan dengan karakter yang sama termasuk di Indonesia. Hal itu karena Indonesia memiliki karakter sebagai negeri vulkanik, sehingga Anda pun tak perlu risau soal ketersedian material ini di dalam negeri.
Ciri dan Karakteristik Batu Andesit
Ciri andesit mengandung silika menengah yang membuatnya berwarna abu-abu dan mungkin berbutir halus atau porfiritik. Nah, ternyata ada terlalu banyak jenis batuan ini di kerak benua.
Selain itu, warna gelapnya sering disalah artikan sebagai batuan basal hingga batuan ini pun dianggap setara dengan diorit vulkanik atau batuan kristal granular. Intinya, setelah tahu bagaimana rupa dan bentuknya, Anda bisa cari tahu fungsi dari andesit di bawah ini!
Fungsi Batu Andesit
Secara umum andesit dapat diaplikasikan ke desain ubin karena tahan slip dan bisa juga digunakan dalam desain lansekap dan taman. Untuk tampilan yang lebih klasik dan ramping, Anda juga bisa pikirkan untuk teknik pengaplikasiannya. Berikut ini pengaplikasian andasit saat digunakan di bagian interior:
Cladding
Cladding dari material batu alam memberikan dimensi dan kedalaman lebih pada suatu ruang. Namun Anda harus pastikan untuk perawatan jangka panjang agar menggunakan lapisan sealer pada permukaan batu setelah dilapisi.
Alasannya, karena hal ini membuat permukaan menjadi lebih tahan dan melindunginya dari keausan. Jadi penting untuk memeriksa faktor ini saat memutuskan untuk melapisi permukaan luar atau dalam ruangan.
Lantai
Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih material ini di lantai karena sifatnya yang tahan lama dan membutuhkan perawatan minimum. Bahan alami menciptakan suasana yang ramah di rumah dan bersahaja.
Rak dan Penyimpanan
Anda juga bisa mempertimbangkan batu alam untuk rak dan penyimpanan terbuka. Tak hanya fungsional, rak yang terbuat dari batu alam mudah dirawat bahkan menambahkan nilai estetika pada ruang.
Table tops, Kitchen Counters dan Backsplash
Batu alam jelas merupakan material terbaik untuk meja dapur. Mereka dapat dibersihkan dengan mudah dan sangat tahan lama. Batu juga bisa digunakan untuk backsplash.
Aksesoris
Artefak batu seperti patung yang terbuat dari batu bisa menjadi aksesori yang sempurna baik untuk ruang tamu maupun taman. Keunggulannya tahan lama, tetapi juga tahan air, yang berarti tidak akan ada rembesan.

Jika ingin membuat rumah cantik menawan, batu andesit merupakan material bahan bangunan yang bisa dipertimbangkan. Semoga bermanfaat!(ar)